ManiakMotor – Kohar atau korek harian pada mesin 2-tak paling sederhana melaukan pembesaran pada port.
Port atau porting lubang masuk, bilas dan buang. Tindakan ini untuk
mempercepat dan memperbanyak proses masuknya uap bahan bakar dan keluar.
Kawasaki Ninja 150 RR
yang Super-Kips, jumlah lubang buangnya ada tiga pada silinder, yang
berada di tengah dan paling besar disebut main exhaust orang
Indonesia sebutnya eksos atau lubang buang utama, dan di kanan-kirinya
terdapat lubang yang lebih kecil. “Ini lubang Super Kips (SK) yang
fungsinya sama, hanya lubang tersebut baru bekerja di atas 7.000 rpm,”
kata Widodo, mekanik drag bike Abirawa DMC GM Racing.
Letak port SK lebih
tinggi dibanding port utama. Selisih ada 2 mm. Maklum tugas SK memang
membantu pembuangan di putaran tinggi. Walau didesain lebih di atas,
tapi kan katup SK baru bekerja pada 7.000 rpm ke atas. Nah saat itulah
lubang ini bekerja. “Untuk korek harian saya lebih suka membuka port SK
sebanyak 2 mm ke arah atas, sementara lubang utamanya dibiarkan
standar,” kata Adie TJ, dari Teluk Jambe Motor (TJM), Karawang, Jawa
Barat.
Langkah tersebut
menurutnya membuat karakter motor tetap seperti standar pada putaran
mesin di bawah 7.000 rpm. Baru sudah kebut-kebutan atau memburu waktu,
korekan ini baru ada rasanya. Ya, rasanya ketika sampeyan di rumah sakit, ternyata kenceng, hehe. Cara ini kian mantap bila ditunjang kenalpot racing harian, wuiih sedap.
Cara dipakai Adi
disukai pelanggannya, sebab rata-rata torsi dan tenaga putaran bawah
standar Ninja sudah cukup mumpuni. Di lalu lintas macet tidak
merepotkan, karena tidak perlu rpm besar mulai menjalankannya. Tapi
siap sedia melayani tarik-tarikan saat jalanan kosong atau jarak jauh.
Kohar ini akan nyambung dengan tenaga bawah.
Tapi Adie mewanti
untuk menyesuaikan juga silinder headnya, “Pangkas saja tingginya
sebanyak 0,5 mm, lainnya biarkan standar,” kata mantan pembalap Vespa
ini. Ubahan di atas tidak memerlukan penggantian spuyer, kecuali knalpot
asli diganti aftermaket atau kenalpot aslinya di bobok, yah naik 1 step
deh spuyernya. Jika sampeyan praktek sendiri, siapkan saja paking blok silinder satu set, karena tiap pembongkaran silinder paking set wajib ganti. Adit
BACA JUGA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar